Menyamar Sebagai Penduduk Palestina, Pasukan Rahasia Israel Serbu Tepi Barat: Lakukan Dua Penangkapan, Seorang Pria Tewas
Ilustrasi tentara Israel. (Wikimedia Commons/Israel Defense Forces)

Bagikan:

JAKARTA - Israel kembali menyerbu Tepi Barat, kawasan yang menjadi titik panas dengan Palestina, setelah sejumlah bentrokan kedua belah pihak sejak awal tahun.

Pasukan rahasia Israel melakukan serangan penangkapan di sebuah kota di Tepi Barat yang diduduki pada Hari Senin, kata polisi Israel, dengan Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang pria lokal telah tewas, melansir Reuters 2 Agustus.

Tidak ada perincian segera tentang identitas pria yang terbunuh di Jenin, yang telah menjadi operasi reguler Israel sejak beberapa penduduknya melakukan serangan jalanan mematikan di dalam Israel awal tahun ini.

Seorang juru bicara polisi Israel mengatakan, pasukan komando yang menyamar sebagai warga Palestina memasuki Jenin untuk melakukan dua penangkapan dan mendapat kecaman.

Mereka kemudian membalas menembak balik, mengenai beberapa pria bersenjata, dan pergi tanpa menderita korban, juru bicara itu menambahkan.

Pekan lalu, pasukan Israel menahan setidaknya lima warga Palestina dari Tepi Barat menurut keterangan aparat keamanan dan warga setempat.

Mereka mengatakan pasukan Israel muncul di sebuah rumah di kota Kaffr Qallil, selatan Nablus, memaksa masuk dan melakukan pencarian menyeluruh, memorak porandakan rumah itu sebelum akhirnya menahan dua bersaudara, menurut kantor berita Wafa.

Diketahui, Tepi Barat, di antara daerah-daerah di mana orang-orang Palestina mencari kenegaraan, telah mengalami kekerasan yang membara sejak pembicaraan damai yang disponsori Amerika Serikat dengan Israel gagal pada tahun 2014.