Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan merespons bantahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait keduanya menjalin komunikasi intens lewat perpesanan WhatsApp. Anies mengaku tak masalah jika Ahok merasa tak sering berkomunikasi dengannya.

"Ya, enggak apa-apa," ucap Anies di kawasan car free day (CFD) Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 4 Agustus.

Anies juga tak ambil pusing soal peluang PDI Perjuangan mengusung dirinya dalam Pilgub Jakarta sangat kecil. Hal ini sempat ditegaskan Ahok yang menilai partainya sulit merapat ke koalisi pengusung Anies.

"Sekarang kita konsentrasi warga Jakarta," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

Sebelumnya, Anies mengakui saat ini dirinya kerap berkomunikasi dengan Ahok lewat platform perpesanan WhatsApp. "Saya Pak Ahok itu ya berkomunikasi terus, kita suka WA WA-an," ucap Anies pada 29 Juli.

Namun, Anies menegaskan tak ada pembicaraan terkait politik antara dirinya dan Ahok jelang pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2024 ini. Anies mengakui, tak ada kepentingan tertentu dari percakapan kasual antara dirinya dan Ahok yang sama-sama merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Ngobrol sebagai teman saja, sebagai sama-sama warga. Hal yang biasa kan itu, teman-teman juga komunikasi dengan siapa saja," ujar Anies.

Namun, Ahok merasa dirinya tidak pernah menjalin komunikasi secara intens dengan Anies. Ahok mengaku memang sempat bertukar nomor telepon dengan Anies saat bertemu dalam acara pernikahan.

"Ketemu pak Anies, foto-foto, terus yuk kita foto-foto. Oh pak Anies nanya, 'nomor teleponnya yang mana nih?'. Terus saya kasih nomor ke pak Anies. Dia catat. Waktu saya pulang, saya terima WA, 'tes, Anies'. Ya terus saya bilang, 'ya terima kasih pak udah (kasih) nomor. 'Kalau ada waktu kita kumpul nih'. 'Iya pak, siap', gitu aja," tutur Ahok pada Sabtu, 3 Agustus..

"Sampai hari ini enggak ada WA. Tapi kalau Pak Anies sebenarnya hampir enggak pernah kontak saya sih sebetulnya, cuma saya juga enggak tahu, saya kira dia enggak bermaksud mengatakan bahwa ke saya sering ketemu itu sih," lanjutnya.