Bagikan:

JAKARTA - Teheran akan menjadi tuan rumah upacara pemakaman Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh Hari Kamis Ini.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei akan memimpin salat jenazah mendiang Ismail Haniyeh, lapor Mehr seperti dikutip 1 Agustus.

Dikatakan, itu akan dilakukan dalam upacara di Universitas Teheran pada Kamis pagi, sebelum upacara pemakaman resmi di ibu kota.

Rangkaian acara akan dimulai pukul 8.30 pagi waktu setempat. Rakyat Iran, pejabat pemerintah dan militer akan ambil bagian dalam prosesi tersebut.

Sebelumnya, Khamenei mengatakan, Israel telah menyiapkan jalan bagi hukuman berat untuk mereka sendiri dengan membunuh Ismail Haniyeh.

"Dengan tindakan ini, rezim Zionis kriminal dan teroris menyiapkan jalan bagi hukuman berat bagi dirinya sendiri," tegasnya dalam pesan yang dikeluarkan Hari Rabu.

Iran menganggap tugasnya untuk membalas dendam atas pembunuhan Haniyeh yang tewas di wilayah Iran, imbuh Pemimpin tersebut.

Kelompok militan Palestina Hamas mengonfirmasi tewasnya Ismail Haniyeh di kediamannya di Teheran, Iran, pada Hari Rabu pagi. Ia tewas bersama seorang pengawalnya.

Haniyeh berada di Teheran untuk mengikuti upacara pelantikan presiden terpilih Iran, Masoud Pezeshkian yang digelar Selasa sore.

Sebelumnya, Ia sempat bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Pezeshkian sebelum upacara pelantikan.

Hamas mengumumkan, upacara pemakaman mendiang Haniyeh akan digelar di Teheran pada Hari Kamis, sementara jasadnya akan dikuburkan di Doha, Qatar pada Hari Jumat.