Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin salat jenazah mendiang Presiden Ebrahim Raisi yang dihadiri pejabat dan masyarakat Iran, termasuk sejumlah perwakilan asing.

Dalam upacara pemakaman di Universitas Teheran pada Rabu pagi, Ayatollah Khamenei memimpin salat jenazah di depan peti mati Presiden Raisi dan tujuh orang lainnya yang menjadi martir dalam kecelakaan helikopter pada Hari Minggu, mengutip Tasnim 22 Mei.

Sejumlah besar orang dari berbagai lapisan masyarakat menghadiri upacara pemakaman di Universitas Teheran.

Usai salat jenazah, para pelayat kemudian akan berbaris dalam prosesi menuju Azadi (Liberty) Square.

Sementara itu, salah satu tokoh asing yang hadir dalam pemakaman adalah Pemimpin Kelompok Hamas Ismain Haniyeh. Dalam pidatonya di Universitas Teheran, Haniyeh mengatakan, ia hadri dalam pemakaman Presiden Iran atas nama bangsa Palestina dan Gaza.

Memberikan penghormatan kepada Presiden Raisi dan rombongannya, yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada 19 Mei lalu, pemimpin Hamas mengenai Badai Al-Aqsa serta pertemuannya dengan mendiang Presiden Raisi Bulan Ramadan lalu.

Upacara pemakaman terpisah diadakan di Tabriz dan Qom kemarin, sebelum jenazah dipindahkan ke Teheran agar orang-orang mengucapkan selamat tinggal kepada delapan syuhada di Grand Musalla pada Selasa malam.

Presiden Raisi sendiri akan dimakamkan pada Kamis siang di kota suci Masyhad di timur laut Iran.