Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah bersiap untuk gelaran Pilkada 2024. Ketua KPU Mochammad Afifuddin mengatakan KPU telah menyiapkan Peraturan KPU (PKPU) terkait logistik.

"Terkait Pilkada kami sudah menyiapkan PKPU terkait logistik, itu yang agak mendesak," ujar Afif dalam konferensi pers di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu 28 Juli malam.

Selain itu, KPU akan mempersiapkan PKPU terkait dengan dana kampanye. Afif juga menuturkan dalam waktu dekat KPU akan dilakukan penetapan daftar pemilih sementara (DPS).

"Selanjutnya, kita juga akan menyiapkan PKPU terkait dana kampanye, kampanye dan juga pastinya pencalonan yang sebulan lagi akan dibuka pendaftarannya. Ini sedang kita siapkan semuanya," jelas Afif.

Semua proses tahapan terkait dengan Pilkada 2024 masih terus berjalan, termasuk berkonsolidasi dengan seluruh jajaran. Dalam kesempatan yang sama, Afif mengungkapkan bahwa KPU bersama Bawaslu sepakat menggelar bimbingan teknis.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan mengurangi kesalahan terhadap aturan pada pelaksanaan pilkada bulan November nanti. Adanya bimtek menjadi cara untuk memitigasi potensi-potensi persoalan yang mungkin terjadi.

"Kami sudah bersepakat dengan teman -teman penyelenggara yang lain, Bawaslu dalam konteks ini, untuk melakukan semacam bimtek bersama, menyatukan atau memberikan pemahaman yang sama terkait aturan-aturan untuk mengurangi potensi kesalahpahaman atau perbedaan cara pandang terhadap aturan yang mungkin ada dalam pelaksanaan pilkada nanti," pungkasnya.