Bagikan:

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad secara terang-terangan mengajak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Dasco, Gerindra patut mengajak PKB untuk merapat ke kubu pemerintah karena kedua partai tersebut sempat "mesra" menjalin koalisi sementara di Pilpres 2024, sebelum akhirnya PKB dan Gerindra berada di koalisi berbeda.

Hal ini diungkapkan Dasco saat memberi sambutan dalam acara Harlah ke-26 PKB yang juga dihadiri semua pimpinan partai politik.

"Ke depan, PKB, Gerindra semua partai harus bersama-sama. Karena tadi sudah dibilang bahwa kita adalah cinta lama, kami tunggu PKB untuk masuk dalam pemerintah bersama-sama," kata Dasco di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa, 23 Juli.

Dalam kesempatan itu, Dasco mengakui bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar merupakan tokoh politik yang piawai. Hal itu juga sempat diucapkan Waketum Golkar Bambang Soesatyo.

"Kepiawaian Gus Muhaimin ini sudah tidak diragukan lagi dalam nahkodai PKB, dari masa ke masa, hingga saat ini. Tapi ini belum puncaknya. Tadi, Mas Bambang bilang ada waktunya, nanti PKB akan mencapai puncaknya," ungkap Dasco.

Sementara itu, Ketua Umum Gerindra sekaligus Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto turut memberi ucapan peringatan ulang tahun PKB lewat rekaman video. Menteri Pertahanan ini meminta maaf karena tak bisa ikut hadir.

"Saya mohon maaf tidak bisa hadir langsung karena saya berada di luar negeri untuk memenuhi undangan beberapa kepala negara asing dan juga mewakili Presiden RI, Presiden Joko WidodoUntuk itu, saya utus beberapa pimpinan Partai Gerakan Indonesia Raya mewakili saya," tutur Prabowo.

"Semoga PKB selalu setia kepada bangsa dan rakyat Indonesia, selalu berbakti, selalu membela kepentingan nasional bangsa Indonesia," sambungnya.

Sebagai informasi, PKB menggelar peringatan hari ulang tahun ke-26 pada hari ini. Sejumlah pimpinan partai turut hadir dalam Harlah ke-26 PKB. Di antaranya adalah Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana.

Terdapat sejumlah ketum yang kehadirannya diwakilkan oleh para pengurus partai, di antaranya Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi dan Sekjen PAN Eddy Soemarno, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus, Waketum Demokrat Benny K. Harman, hingga Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Hadir pula Ketua MPR Bambang Soesatyo, setta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Yandri Susanto dalam Harlah ke-26 PKB.