Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengumumkan daftar bakal calon kepala daerah yang akan diusung partainya pada Pilkada 2024. Pengumuman ini berdasarkan keputusan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Semua kader Gerindra segera mempersiapkan diri untuk memenangi calon-calon yang telah diumumkan. Pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada akan dilakukan pada 27 Agustus 2024," kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 22 Juli.

Salah satu nama yang diusung, yakni Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi yang diusung sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jateng 2024.

Muzani menjelaskan keputusan untuk mengusung Ahmad Luthfi telah melibatkan koordinasi dengan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju, seperti Demokrat, PAN, dan Golkar.

"Kami telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan partai-partai dalam Koalisi Indonesia Maju untuk menentukan calon yang tepat. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan berbagai faktor dan komunikasi intensif," ujar Muzani.

Berikut nama-nama bakal calon kepala daerah yang diumumkan Gerindra:

1. Bakal calon gubernur Aceh: Muzakir Manaf

2. Bakal calon gubernur Nusa Tenggara Timur: Emmanuel Melkias Laka Lena

3. Bakal calon gubernur Maluku: Hendrik Lewarissa

4. Bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Kalimantan Tengah: Agustiar Sabran dan Edy Pratowo

5. Bakal calon gubernur Jawa Tengah: Irjen Pol Ahmad Luthfi

6. Bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Sulawesi Selatan: Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi