Bagikan:

JAKARTA - Seorang pria yang memetik huckleberry di Montana, Amerika Serikat (AS) menembak mati seekor beruang grizzly setelah beruang itu menyerang. Pria itu dirawat di rumah sakit akibat luka diserang beruang.

Pria berusia 72 tahun itu menembak beruang dengan pistol, menurut pernyataan Montana Fish, Wildlife & Parks. Serangan itu terjadi di Hutan Nasional Flathead sekitar 2 mil (3,2 kilometer) utara Air Terjun Columbia. 

Departemen itu tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait identitas pria tersebut dan kondisinya dilansir ABC News, Sabtu, 20 Juli.

Sementara itu, staf Fish, Wildlife & Parks menembak dan seekor beruang grizzly betina dewasa pada Kamis, 18 Juli, setelah ia terbiasa mencari makanan dari manusia dan membobol rumah-rumah di dan sekitar Gardiner. Grizzlies betina diketahui menyerang untuk mempertahankan anaknya.

Makanan hewan, sampah, dan pemanggang barbeque yang ditinggalkan di luar dan dapat dijangkau oleh beruang berkontribusi terhadap masalah ini.

Pengelola satwa liar sering kali menangkap dan memindahkan beruang grizzly yang diketahui menimbulkan masalah bagi manusia.

Namun terkadang mereka membunuh orang-orang yang mereka anggap akan terus menimbulkan masalah meskipun dipindahkan.

Diperkirakan 2.000 beruang grizzlies berkeliaran di Wyoming barat, Idaho timur, Montana barat, sementara beberapa ribu lainnya menghuni Pegunungan Rocky Kanada dan Alaska.

Beruang grizzly di wilayah AS yang berdekatan terdaftar sebagai terancam punah berdasarkan Undang-Undang Spesies Terancam Punah.