Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dinyatakan positif COVID-19 saat dalam perjalanan ke Las Vegas pada hari Rabu dan mengisolasi diri setelah mengalami gejala ringan, kata Gedung Putih.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengumumkan hasil tes positif politisi Partai Demokrat itu, setelah Presiden Biden membatalkan pidatonya karena diagnosis tersebut.

"Dia sudah divaksinasi dan disuntik vaksin tambahan dan mengalami gejala ringan," kata Jean-Pierre, melansir Reuters 18 Juli.

"Ia akan kembali ke Delaware di mana ia akan mengisolasi diri dan akan terus menjalankan semua tugasnya sepenuhnya selama waktu itu," kata Jean-Pierre.

Gedung Putih mengutip pernyataan dokter Presiden Biden yang mengatakan, Presiden Biden telah menderita gejala pernapasan atas pada sore hari.

"Ia merasa baik-baik saja untuk acara pertamanya hari itu, tetapi mengingat Ia tidak merasa lebih baik, pengujian di tempat perawatan untuk COVID-19 dilakukan dan hasilnya positif untuk virus COVID-19," kata pernyataan itu.

Gejalanya ringan dan ia telah menerima dosis awal Paxlovid, kata dokter tersebut.

Selanjutnya, Presiden Biden akan mengisolasi diri sesuai dengan pedoman Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), kata Gedung Putih.

Saat menaiki Air Force One untuk berangkat dari Las Vegas guna memulihkan diri di Delaware, Presiden Biden mengatakan kepada wartawan: "Baik, saya merasa baik."

Gedung Putih mengatakan Presiden Biden berencana untuk menghabiskan akhir pekan yang panjang di rumah pantainya di Delaware. Tidak jelas berapa lama penyakit itu akan membuatnya bertahan untuk berkampanye.

Beberapa menit setelah pengumuman, iring-iringan mobil presiden bergerak menuju bandara Las Vegas setelah merekam wawancara radio di kota itu.

Sebelumnya, Presiden Biden telah menyapa beberapa orang di sebuah restoran Meksiko sebelum melakukan wawancara radio. Ia terlambat menyampaikan pidato kepada kelompok hak-hak sipil Latino UnidosUS ketika penyelenggara, Janet Murguia, mengumumkan Ia dinyatakan positif COVID.

Presiden Biden sendiri diketahui telah menghabiskan dua malam di Vegas dalam perjalanan kampanye.