Bagikan:

JAKARTA - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mendatangkan lebih banyak kendaraan lapis baja dan peralatan perlindungan pribadi untuk operasi bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza setelah mendapat persetujuan dari otoritas Israel.

Persetujuan tersebut merupakan tanggapan atas surat PBB yang dikirim ke Israel bulan lalu mengenai keselamatan dan keamanan di Gaza, kata Scott Anderson, wakil koordinator kemanusiaan untuk Wilayah Pendudukan Palestina, ketika perang antara Israel dan militan Palestina Hamas memasuki bulan kesepuluh.

PBB telah lama mengeluhkan hambatan dalam menyalurkan bantuan ke Gaza termasuk kesulitan untuk mendistribusikan bantuan di tengah “pelanggaran hukum total” di wilayah berpenduduk 2,3 juta orang itu.

Anderson mengatakan PBB akan mulai mengirim lebih banyak kendaraan lapis baja dan peralatan perlindungan ke Gaza pada Selasa, 16 Juli.

“Beberapa peralatan komunikasi juga telah disetujui,” katanya dilansir Reuters, seraya menyebut peralatan itu di antaranya radio genggam.

Tapi diskusi masih berlanjut mengenai permintaan PBB untuk akses internet yang stabil.

PBB mengatakan pihaknya menginginkan komunikasi yang tidak bergantung pada menara telepon seluler karena tidak dapat diandalkan.

Namun, pihak berwenang Israel memiliki kekhawatiran keamanan mengenai apa yang bisa dilakukan Hamas jika mereka mengakses layanan internet satelit.