Bagikan:

JAKARTA - Bom mobil meledak di luar restoran di ibu kota Somalia, Mogadishu, pada Minggu, 14 Juli malam, menewaskan lima orang dan melukai 20 lainnya.

Ledakan bom terjadi ketika pengunjung sedang menonton final sepak bola Euro 2024 di TV. Polisi menyebut bom mobil didalangi kelompok pemberontak.

Bom tersebut menghancurkan 10 mobil dan merusak beberapa bangunan di dekatnya, di kawasan yang dijaga ketat di dekat Istana Kepresidenan, kata seorang reporter Reuters dilansir Senin, 15 Juli.

Militan Al Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap stasiun radio afiliasinya. Militan menyebut pemboman tersebut menargetkan tempat di mana petugas keamanan dan pegawai pemerintah bertemu pada malam hari.

Kelompok Islam yang pernah menguasai sebagian besar Somalia, berjuang selama bertahun-tahun untuk menerapkan interpretasi Islam yang ketat di Somalia.

Para pemberontak sering melancarkan serangan dan serangan mematikan di Mogadishu dan wilayah lain yang dikuasai pemerintah federal dalam dua tahun terakhir, meski mereka kehilangan sebagian besar wilayahnya karena pasukan pemerintah dan sekutunya.