Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Norwegia mengumumkan pada Hari Rabu, mereka akan menyumbangkan enam jet tempur F-16 kepada Ukraina untuk membantu upaya pertahanan terhadap serangan udara Rusia, para pemimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menghadiri sebuah pertemuan di Washington D.C, Amerika Serikat.

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mengatakan, pengiriman F-16 direncanakan akan dimulai pada tahun 2024.

"Dikombinasikan dengan sistem pertahanan udara, jet-jet tempur ini akan sangat penting untuk memungkinkan Ukraina mempertahankan diri dari serangan udara Rusia," kata PM Store dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters 11 Juli.

Sebelumnya, Perdana Menteri pertama kali mengumumkan Norwegia akan menyumbangkan F-16 ke Kyiv pada Bulan Agustus tahun lalu, tetapi tidak mengatakan berapa banyak yang akan diberikan.

Sejak saat itu, Oslo telah mengirimkan dua jet F-16 ke Denmark untuk digunakan dalam pelatihan pilot-pilot Ukraina.

Diketahui, para pemimpin negara-negara anggota NATO siap untuk mengumumkan bantuan baru untuk Ukraina guna membantu Ukraina mempertahankan diri setelah invasi Rusia pada bulan Februari 2022.

Berharap untuk mengubah arah perang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ingin aliansi yang beranggotakan 32 negara ini mengirimkan lebih banyak senjata dan uang, serta menawarkan jaminan keamanan.

Jet tempur F-16 berada dalam daftar keinginan Ukraina untuk waktu yang lama karena daya hancur dan ketersediaannya secara global. Jet tempur ini dilengkapi dengan meriam 20mm dan dapat membawa bom, roket, dan rudal.

Seorang pejabat senior NATO mengatakan minggu ini, Ukraina belum mengumpulkan amunisi dan personil yang dibutuhkan untuk melancarkan operasi ofensif berskala besar.

Sebelum Norwegia, Denmark telah berkomitmen untuk menyumbangkan total 19 jet. Sementara Belanda telah berjanji untuk mengirimkan 24 pesawat. Kedua negara tersebut telah menjadi kekuatan pendorong di balik koalisi internasional untuk memasok F-16 ke Ukraina.

Ada pun Angkatan Udara Norwegia telah mengganti F-16 miliknya dengan model penerus jet tempur F-35.