Bagikan:

JAKARTA - Pejabat senior Rusia mengatakan pada Hari Rabu, militer negara itu masih bekerja untuk membangun zona penyangga di wilayah Kharkiv, Ukraina, mengatakan itu akan membutuhkan waktu.

Presiden Vladimir Putin mengatakan pada Bulan Mei, Rusia sedang menciptakan sebuah penyangga untuk melindungi wilayah perbatasannya, terutama Belgorod yang terletak di sebelah Kharkiv, dari serangan Ukraina.

"Tentu saja, realisasi tugas ini memakan waktu, butuh waktu. Pekerjaan ke arah ini sedang dilakukan," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan saat ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan Rusia untuk menjamin keamanan Belgorod, melansir Reuters 10 Juli. 

Kota Shebekino di wilayah perbatasan dan wilayah Belgorod yang lebih luas telah sering diserang oleh rudal hingga pesawat tak berawak Ukraina selama perang yang kini telah memasuki tahun ketiga.

Mei lalu, Presiden Putin mengatakan pasukan Rusia yang bergerak maju di timur laut Ukraina, tengah membangun zona penyangga untuk melindungi Rusia dari serangan. Presiden Putin mengatakan, pasukan Rusia maju sesuai rencana setelah serangan mematikan Ukraina yang berulang kali di wilayah Belgorod, Rusia.

"Mengenai apa yang terjadi di arah Kharkiv. Ini adalah kesalahan mereka (Ukraina) karena mereka menembaki dan sayangnya terus menembaki lingkungan permukiman di daerah perbatasan, termasuk Belgorod," kata Presiden Putin.

"Warga sipil sekarat di sana. Itu jelas. Mereka menembaki langsung ke pusat kota, di daerah permukiman. Dan saya katakan secara terbuka bahwa jika ini terus berlanjut, kami akan dipaksa untuk membuat zona keamanan, zona penyangga. Itulah yang sedang kami lakukan," sambung Presiden Putin.