Bagikan:

JAKARTA - Mengantisipasi pohon tumbang di tengah intensitas curah hujan yang terjadi belakangan ini di Jakarta, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur meminta jajaran Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur melakukan pemangkasan pohon secara rutin.

"Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur agar memperhatikan kondisi pohon-pohon yang rawan tumbang," kata Sekretaris Kota Jakarta Timur, Kusmanto saat dikonfirmasi, Selasa, 9 Juli.

Kusmanto juga mewanti-wanti kepada jajarannya agar tidak ada warga yang terkena dampak pohon tumbang ketika terjadi cuaca buruk yang melanda Jakarta Timur.

"Jangan sampai ada warga yang terkena pohon tumbang. Jangan menunggu informasi dari pengurus RT dan RW, jika memang harus dilakukan penopingan (pemangkasan) segera dilakukan penopingan," ujarnya.

Selain menginstruksikan jajaran ASN, Kusmanto juga mengimbau kepada warga Jakarta Timur agar turut berpartisipasi guna mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang dapat merugikan masyarakat.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh warga, masyarakat agar ikut antisipasi pohon tumbang," ucapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 12 pohon tumbang akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada Rabu, 3 Juli.

Sebanyak 7 pohon tumbang di Jakarta Selatan, yakni di Jalan Gatot Subroto, Jalan Tebet Timur II, Jalan Tebet Raya, dan Jalan Cibitung, Jalan Syaridin, Jalan Pejaten Barat, dan Jalan Kapten Tendean.

Sementara, 3 pohon tumbang di Jakarta Pusat yakni di Jalan Kramat Sentiong Ujung, Jalan Penjernihan, dan Jalan Kalipasir. Lalu, terdapat juga 2 pohon tumbang di Jakarta Barat, yakni di Jalan Boulevard Raya dan Jalan Kota Bambu Selatan V.