Bagikan:

JAKARTA - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengklarifikasi pernyataannya yang sempat menyatakan mengusung Bobby Nasution maju di Pilkada Sumatera Utara 2024. Syaikhu kini justru menyatakan PKS belum memutuskan sikap terkait Pilgub Sumut.

"Saya perlu meluruskan dan mengklarifikasi berita yang tersiar pada hari ini lagi, jadi apa yang pagi tadi saya sampaikan adalah tentang SK DPP PKS terkait dukungan gubernur Maluku," ujar Syaikhu di kantor DPP PKS, Senin, 8 Juli. 

Syaikhu menegaskan, Dewan Pimpinan Tinggi Pusat (DPTP) PKS masih membahas soal nama yang akan didukung sebagai calon gubernur Sumut. 

"Adapun tadi soal pemberitaan sudah ada dukungan terhadap Sumatera Utara dalam hal ini Calon Gubernur saya perlu menegaskan sampai detik ini belum ada keputusan DPTP PKS terkait dukungan Calon gubernur Sumatera Utara. Semua masih dalam proses pembahasan," kata Syaikhu.

"Ini sebagai bentuk klarifikasi karena sudah ada salah satu media yang menaikkan berita tentang itu," tambahnya.

Sebelumnya tersiar pemberitaan tentang PKS menyatakan dukungan kepada salah satu Paslon di Pilkada Gubernur Sumatera Utara.

Hal ini kemudian dibantah oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang mengatakan pernyataan yang disampaikan tidak terkait dengan dukungan di Pilkada Gubernur Sumatera Utara. 

Padahal Syaikhu sempat menegaskan partainya tidak mensyaratkan apa pun dalam pemberian dukungan kepada menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. 

PKS, kata dia, menyerahkan keputusan soal calon wakil gubernur kepada Bobby. 

"Ya PKS mengusung beliau, dan tentu kita mempercayakanlah kepada beliau, bagaimana kaitan-kaitan siapa juga wakilnya, kita juga tidak minta wakil," ujar Syaikhu di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin, 8 Juli. 

Kendati tak meminta posisi cawagub, Syaikhu menegaskan, mesin PKS sudah siap untuk ikut memenangkan Bobby di Pilgub Sumut 2024. 

"Tapi kita, mesin partai kita, sudah siap untuk menjadi salah satu pemenangan bagi beliau," tegasnya.