Bagikan:

TANGERANG - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan BPBD Tangerang Selatan, Essa Nugraha mengatakan kondisi terkini di 7 kelurahan di wilayah telah berangsur surut. Kini mereka tengah membersihkan rumahnya masing-masing pasca terendam banjir.

“Allhamdulillah, sudah surut. Saat ini warga tengah membersihkan rumahnya masing-masing,” kata Essa saat dikonfirmasi, Minggu, 7 Juli.

Essa menuturkan jika banjir di 7 wilayahnya telah surut sejak Minggu, 7 Juli, pukul 08.00 WIB. “Dari pagi bang sudah surut,” ucapnya.

Di sisi lain, kata Essa, pihaknya saat ini tengah menangani pohon-pohon yang  tumbang pasca terjadinya hujan pada Sabtu, 6 Sabtu, kemarin.

“Untuk hari ini tim melakukan penanganan pohon tumbang,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari  mengatakan ada 7 kelurahan dari 367 KK di Tangerang Selatan yang terdampak banjir.

Adapun 7 Kelurahan yang terdampak yakni Pamulang Barat, Kelurahan Rempoa, Kelurahan Kranggan, Kelurahan Jurangmangu Barat, Kelurahan Sawah, Kelurahan Jombang, dan Kelurahan Jelupang.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaannya akan potensi bencana hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor meskipun sedang berada pada periode kemarau.

“Jika terjadi hujan lebat lebih dari satu jam, warga dihimbau untuk evakuasi secara mandiri ke tempat yang lebih aman,” tutupnya.