Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Hizbullah Lebanon Sayyed Hassan Nasrallah dan pejabat tinggi Hamas Khalil Al-Hayya membahas perkembangan terkini di Jalur Gaza dan negosiasi untuk mencapai gencatan senjata.

Nasrallah menerima wakil ketua Hamas Hayya dalam pertemuan yang membahas perkembangan keamanan dan politik terkini di Jalur Gaza, kata Hizbullah dalam pernyataannya.

:Mereka juga membahas perkembangan terkini dalam perundingan yang sedang berlangsung hari ini, suasananya, dan usulan yang diajukan untuk mengakhiri agresi berbahaya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza,” kata pernyataan itu dilansir Reuters, Jumat, 5 Juli.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan pada Kamis, 4 Juli, Hamas membuat penyesuaian yang cukup signifikan dalam posisinya mengenai kemungkinan kesepakatan pembebasan sandera dengan Israel dan menyatakan harapan hal itu akan mengarah pada perjanjian yang akan menjadi langkah menuju gencatan senjata permanen.

Hizbullah dan Israel saling serang sejak Oktober di perbatasan Lebanon-Israel dalam konflik yang terjadi bersamaan dengan perang Gaza, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan konflik yang lebih besar antara kedua musuh yang bersenjata lengkap.