Bagikan:

JAKARTA - PKB resmi mengeluarkan rekomendasi pengusungan untuk bakal pasangan calon kepala daerah di dua provinsi dan dua kabupaten.

“Rekomendasi ini yang sudah paling akhir ya, karena UKK (uji kelayakan dan kepatutan) sudah selesai," kata Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Juli.

Rekomendasi tersebut diberikan kepada Al Haris dan Abullah Sani untuk kembali maju dalam Pilgub Jambi. Al Haris dan Sani merupakan petahana yang menjabat sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2024.

Kemudian, rekomendasi juga diberikan kepada Rudy Mas'ud dan Seno Aji sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur. Rudy merupakan kader Partai Golkar, sementara Seno merupakan kader Gerindra.

Selanjutnya, PKB mengeluarkan rekomendasi kepada Benyamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Maluku Barat Daya.

Rrekomendasi lainnya diberikan pada Erwin Octavian dan Jonaidi sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Seluma.

Sejauh ini, sebanyak 3.213 bakal calon kepala daerah (cakada) telah mengikuti UKK di Desk Pilkada PKB. Sementara, 216 bakal cakada telah menerima rekomendasi tahap satu. Lalu, 47 bakal cakada sudah menerima rekomendasi pengusungan tahap final.

"Ke depan kita masih akan terus (mengeluarkan rekomendasi). Misalnya Sumut, kemudian Jabar, Aceh, ini juga terus berproses, melakukan komunikasi lintas partai, dan terus dilakukan pendalaman. Pada prinsipnya semua yang direkomendasi oleh PKB target utamanya adalah menang," urai Halim.

Di satu sisi, Halim menguraikan PKB akan melakukan pendampingan kepada para bkala cakada yang sudah diberikan rekomendasi pengusungan.

"Bahkan untuk daerah yang PKB bukan pengusung pun, tapi mendukung, PKB juga akan melakukan pendampingan. Karena seluruh kepala daerah yang didukung oleh PKB itu ditargetkan menang. Itu tugas Desk Pilkada," imbuhnya.