Saingi Ridwan Kamil, PKB Siapkan Kader Jadi Cagub Jawa Barat
Wasekjen PKB Syaiful Huda. (Diah-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyiapkan dua kader partai untuk diusung sebagai calon Gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024. Mereka adalah Wasekjen PKB Syaiful Huda dan Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal.

Hal ini diungkapkan Syaiful Huda saat acara penjaringan bakal calon kepala daerah sesi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Huda menyebut, bakal cagub Jabar yang nanti diusung PKB akan menjadi saingan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sebagaimana diketahui, Ridwan Kamil tengah disiapkan Golkar untuk kembali maju sebagai petahana di Pilkada 2024.

"PKB Jabar memastikan untuk gubernur akan bikin poros di luar kang Ridwan Kamil. Bukan tandingan lah. Mungkin menjadi kompetitor," kata Huda di Jakarta, Kamis, 2 Mei.

PKB pede bisa membawa kadernya untuk menjadi cagub Jabar. Mengingat, PKB mendapat penambahan jumlah kursi DPRD Jawa Barat menjadi 15 kursi dari sebelumnya 12 pada Pilkada 2019.

Sehingga, partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar ini hanya butuh sekitar 9 kursi tambahan dari parpol lain yang berkoalisi untuk mengusung calon Gubernur Jawa Barat.

"Prinsipnya, insyaallah sudah ada kesepakatan PKB akan mengusung calon gubernur. Wakil gubernurnya akan kita serahkan pada partai koalisi yang nanti memastikan bergabung dengan PKB karena butuh 1 tambahan partai koalisi," ungkap Huda.

Namun, Huda belum bisa memastikan partai mana yang akan diajak PKB berkoalisi untuk mengusung calon gubernur Jawa Barat dari internal partainya.

"Saya belum bisa sampaikan. Yang jelas, PKB Jawa Barat memastikan bisa mengusung poros di luar Kang Ridwan Kamil," ucapnya.

Di sisi lain, PKB juga menyiapkan kader partai untuk diusung di provinsi lain, yakni Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu, sejumlah tokoh politik lain juga telah mendatangi PKB untuk mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah. Mereka di antaranya, mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang ingin kembali maju dalam Pilgub Sumut.

Lalu, ada juga dua kader Partai Golkar yakni mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang mendaftar ke PKB untuk maju di Pilgub Banten, serta mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar maju di Pilgub DKI Jakarta.