PKB Godok Nama Syaiful Huda dan Cucun Ahmad Maju Pilgub Jabar Lawan Ridwan Kamil
Waketum Golkar bidang Penggalangan Pemilih dan Pemenangan Pemilu, Ridwan Kamil (Nailin-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah menggodok dua nama kadernya, yakni Wasekjen Syaiful Huda dan Ketua DPP Cucun Ahmad Syamsurijal untuk diusung maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024. PKB menyiapkan kader internalnya untuk bertarung melawan petahana, Ridwan Kamil. 

"Ada Pak Syaiful Huda, ada Pak Cucun Syamsurijal. Ini masih tetap digodok," ujar Waketum PKB Jazilul Fawaid  di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Mei. 

Kendati demikian, Jazilul mengatakan PKB masih membuka opsi untuk mempertimbangkan figur lain. Sebab menurutnya, Pilkada tak cukup hanya mengurusi urusan partai sendiri. 

"Karena kan begini, pilkada itu enggak ngurusi rumah tangga sendiri, tapi kan lihat saingan juga gitu," kata Wakil Ketua MPR itu.

Terpisah, Syaiful Huda mengaku siap jika dicalonkan sebagai cagub Jabar dan harus melawan Ridwan Kamil. PKB, kata Huda, sepakat membentuk poros baru di luar koalisi pendukung RK. 

"PKB Jabar memastikan, untuk gubernur bikin poros sendiri di luar kang Ridwan Kamil," kata Saiful Huda di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei.

Huda mengungkapkan, PKB masih butuh 9 kursi tambahan untuk mengusung calonnya sendiri. Saat ini, kata dia, PKB mendapat 15 kursi di Jawa Barat.

"Prinsipnya, insyaallah sudah ada kesepakatan bahwa PKB akan mengusung calon gubernur sendiri. Wakil gubernurnya akan kita serahkan pada partai koalisi yang memastikan bergabung dengan PKB," ungkapnya.