Bagikan:

JAMBI - Mulai 15 Juli 2024, jemaah haji asal Provinsi Jambi dijadwalkan kembali ke tanah air dari Arab Saudi secara bertahap.

Plh Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi Zeifni Ishaq di Jambi, Sabtu, mengatakan kloter pertama yang dijadwalkan lebih dahulu sampai ke Tanah Air adalah BTH 22.

"Dijadwalkan berangkat dari Madinah menuju Indonesia pada 15 Juli dan tiba di Jambi pada 16 Juli 2024," kata dia, mengutip ANTARA, Sabtu, 29 Juni.

Kanwil Kemenag Jambi dalam waktu dekat mengadakan rapat membahas pemulangan jemaah bersama Kemenag kabupaten/kota.

Ia mengatakan jika melihat jadwal tiba rombongan haji itu pada siang hari, akan langsung dipulangkan ke kabupaten dan kota masing-masing.

Tiga kloter pertama, yaitu kloter BTH 22, BTH 23 dan BTH 24 dijadwalkan tiba di Asrama Haji Jambi siang hari, sehingga kemungkinan akan langsung dipulangkan ke daerah masing-masing.

Sedangkan empat kloter terakhir, yaitu Kloter BTH 25, BTH 26, BTH 27, dan BTH 28 dijadwalkan tiba di Asrama Haji Jambi pada malam hari. Jika memungkinkan para haji tersebut akan langsung dipulangkan ke daerah masing-masing, kecuali ada kebijakan lain dari pemerintah kabupaten/kota masing-masing.

Dia berharap proses kepulangan haji Jambi berjalan lancar, aman dan jemaah kembali ke Tanah Air dengan sehat.

Sama seperti keberangkatan, lanjutnya, petugas haji juga tetap memberikan pelayanan prioritas bagi haji lansia saat kepulangan menuju Jambi.