Bagikan:

JAKARTA - Selama seminggu penuh menjelang debat presiden Amerika Serikat (AS), jadwal Biden dikosongkan untuk diskusi kebijakan yang panjang dan berlatih di Camp David, Maryland.

Selama diskusi selama berjam-jam, Biden dan sejumlah penasihat bergilir berdiskusi untuk mengantisipasi apa pun yang mungkin dihadapi Biden di dalam studio CNN di Atlanta, lokasi debat perdana.

Hal ini tidak hanya mencakup permasalahannya, tetapi juga temperamen lawannya dari Partai Republik, Donald Trump.

Di Camp David, tim Biden mempelajari wawancara dan pidato publik Trump baru-baru ini sambil membahas tanggapan presiden terhadap apa pun yang mungkin dilakukan oleh Trump – dan para moderator.

Pembicaraan dimulai secara informal, dan suasananya menjadi lebih cair. Biden dan timnya berpakaian santai.

Di dalam hanggar besar Camp David, telah disiapkan replika panggung debat, termasuk dengan lampu televisi yang terang benderang.

Bergerak bolak-balik antara hanggar dan teater, Biden menggunakan podium untuk berlatih, berdiri di samping pengacaranya, Bob Bauer, yang berperan sebagai Donald Trump. Pembantu lainnya menjabat sebagai moderator Jake Tapper dan Dana Bash, kata sumber kepada CNN.

Biden juga menonton video yang diambil oleh salah satu stafnya saat berada di studio CNN, sehingga dia bisa melihat secara pasti seperti apa pandangannya dari posisinya di belakang podium.