Bagikan:

JAKARTA -  Para penasihat mantan Presiden AS Donald Trump mencermati laporan yang terpublikasikan mengenai persiapan debat kampanye Joe Biden.

Para penasihat mengatakan Trump sedang mencermati tema-tema pesan spesifik yang ingin menjadi fokus Presiden Joe Biden dan bidang-bidang yang ingin mereka hindari.

Salah satu penasihat mengkritik apa yang mereka anggap sebagai tim Biden yang “terlalu terbuka” mengenai rencana debat mereka. Kepada CNN, tim Trump menekankan mereka bekerja dengan tekun untuk lebih ‘sembunyi’ dalam strategi.

“Semua hal di balik layar yang pada umumnya tidak kami sediakan,” kata manajer kampanye Trump, Chris LaCivita, kepada wartawan dilansir CNN.

“Kami tentu tahu apa yang terjadi sehari-hari di Camp David (tempat peristirahatan presiden AS, red), menurut kami itu cukup menghibur," imbuh LaCivita.

Para penasihat Trump juga telah mengamati rekaman lama dari debat-debat sebelumnya, baik yang dilakukan antara Trump dan Biden maupun yang hanya dihadiri oleh presiden tersebut.

Bagian dari proses tersebut termasuk mengidentifikasi retorika yang mereka perkirakan akan digunakan oleh Biden di panggung pada Kamis, 27 Juni malam waktu setempat.