Bagikan:

JAKARTA - Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaluddin menyebut Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) tahap I tahun 2024 akan cair pada Kamis, 27 Juni esok hari. Sehingga, KJMU batal cair hari ini seperti yang sebelumnya dijanjikan.

"KJMU dipastikan akan cair dan terdistribusi kepada penerima paling lambat Kamis, 27 Juni," kata Budi kepada wartawan, Rabu, 26 Juni.

Budi tak menjelaskan alasan mengapa pencairan KJMU mengalami keterlambatan. Ia hanya menegaskan bahwa Pendistribusian KJMU oleh Pemprov DKI dilakukan dengan sangat selektif.

"Kami menjanjikan mudah-mudahan besok sudah cair," ungkap Budi.

Penerima KJMU akan mendapatkan bantuan sebesar Rp9.000.000 per semester. Pemprov DKI menetapkan KJMU tahap I 2024 bakal disalurkan kepada 15.649 mahasiswa Jakarta penerima bantuan. Sementara dalam tahap II tahun 2023, KJMU disalurkan ke 19.042 mahasiswa.

Kepala Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Disdik DKI Jakarta Waluyo Hadi menjelaskan penyebab jumlah penerima KJMU tahap I tahun 2024 menurun dari sebelumnya.

Salah satunya terdapat sejumlah mahasiswa calon penerima yang tidak mendaftar ulang. Pemprov DKI sebelumnya membuka pendaftaran ulang kepada mahasiswa penerima KJMU eksisting pada tahap II tahun 2023 untuk penyaluran di tahap berikutnya karena adanya pemandanan data.

"Pada saat dibuka jadwal ulang dengan akun masing-masing ternyata ada yang tidak mendaftarkan ulang sebanyak 1.221. Otomatis, tidak ajukan permohonan. Berarti, mahasiswa ini tahap I (2024) tidak dapat," tutur Waluyo.

Selain itu, Disdik DKI menetapkan 2.196 mahasiswa tak lagi layak menjadi penerima KJMU.

Beberapa penyebabnya adalah indeks prestasi (IP) di bawah standar, dinyatakan sudah lulus kuliah, berkuliah melebihi 10 semester, hingga tak lagi masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sehingga dikeluarkan dari daftar mahasiswa tidak mampu.

"Dari hasil verifikasi lapangan oleh tim gabungan, terdapat 2.196 yang dinyatakan tidak layak lagi menerima KJMU tahap I 2024. Kemarin yang masih dapat tahap II 2023, yang kita cairkan sekarang tidak bisa dilanjutkam karena tidak menenuhi persyaratan," urai Waluyo.

Selain itu, dalam proses perpanjangan KJMU tahap I tahun 2024, Disdik mencatat ada 1.037 calon penerima baru. Namun, hanya 961 mahasiswa dinyatakan memenuhi syarat.