Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengklaim, sudah bicara kepada PKB dan NasDem terkait pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman (AMAN) untuk Pilkada Jakarta 2024. Meskipun Anies tidak hadir pada saat pengumuman duet AMAN oleh PKS kemarin. 

"Tidak mungkin terjadi sebuah statement tanpa ada dialog. Sudah komunikasi dalam, ke NasDem ke PKB semua juga sudah terbicarakan. Cuman soal kesepakatan itu urusan lain nanti," ujar Aboe di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 26 Juni. 

Aboe meyakini pengumuman paslon dari PKS yang sudah sepaket tidak akan membatasi hak parpol koalisi. Menurutnya, komunikasi masih terbuka lebar. 

"Enggak ada yang nge-blok. Nanti komunikasi masih terbuka semua," katanya. 

Soal persetujuan parpol lain kepada pasangan AMAN, khususnya PKB yang sudah menyatakan dukungan kepada Anies, Aboe enggan mengomentari lebih jauh. Menurutnya, Pilkada Jakarta masih sangat dinamis. 

"Kita lihat saja nanti. Tapi untuk sementara ini yang berkembang Anies-Sohibul Iman," pungkasnya. 

Sementara Anies Baswedan telah merespons keputusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusungnya di Pilkada 2024 di Jakarta dan menduetkan dengan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman.

Anies mengapresiasi sikap politik PKS yang masih menyokongnya sebagai calon Gubernur DKI Jakarta di periode kedua, setelah sebelumnya mengusung di Pilpres 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap partai politik lain bisa ikut merapat membentuk koalisi pengusungannya di Pilgub DKI Jakarta bersama PKS dan PKB.

"Alhamdulillah sesudah PKB dan PKS, insyaallah akan ada partai lain yang mau berjuang bersama untuk mengembalikan Jakarta menjadi kota yang maju kotanya, bahagia warganya," kata Anies dalam akun Instagram aniesbaswedan, Rabu, 26 Juni.

Saat PKS mengumumkan usungannya, Anies tengah berada di Spanyol bersama keluarga. Saat kembali ke Tanah Air nanti, Anies mengaku akan langjng bertemu elite PKS untuk memantapkan pencalonan di Pilkada 2024.

"Kami akan segera berkomunikasi dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah-langkah lebih jauh untuk tindak lanjut ke depan. Begitu juga dengan pimpinan partai yang lain," urai Anies.