Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat menunggu instruksi Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memberikan surat rekomendasi kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution sebagai calon gubernur di Pilgub Sumatera Utara 2024.

Ketua BPOKK Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan, hari atau esok partainya akan melakukan rapat pembahasan Pilkada 2024, termasuk soal dukungan kepada Bobby. Menurut Herman, dukungan kepada Bobby tergantung kepada persetujuan ketua Majelis Tinggi Partai. 

"Di tingkat satgas akan ada rapat, dari satgas kami akan melaporkan kepada ketum, tentu banyak wilayah akan kami laporkan bukan hanya Sumut, akan kami laporkan kepada ketum, nanti ketum akan laporkan kepada ketua Majelis Tinggu, kepada pak SBY dan seluruh anggota majelis tinggi. Kemudian setelah itu diputuskan untuk gubernur, tentu keputusannya keputusan majelis tinggi," ujar Herman Khaeron, Selasa, 25 Juni. 

Herman menjelaskan, penentuan calon kepala daerah pada tingkat kabupaten/kota akan langsung diputuskan oleh Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sementara untuk tingkat provinsi akan diputuskan oleh SBY selaku Ketua MTP. 

"Kalau untuk kabupaten/kota, keputusan ketum. Tapi sekali lagi kita tunggu proses ini dan kami dalam waktu dekat, satgas akan buat laporan, kami akan laporkan setelah melaporkan ketum akan laporkan ke majelis tinggi," jelasnya.  

"Untuk provinsi, keputusan (SBY). Nanti beliau (Ketum AHY) akan laporkan dan (SBY) memutuskan," sambung Herman.