Bagikan:

JAKARTA - Dataran tinggi Torridon di Skotlandia memiliki rusa populer bernama Callum. Namanya kini tinggal kenangan setelah belum lama mati akibat ulah wisatawan memberi makanan yang berefek pada anggota tubuh hewan tersebut.

Awalnya gigi Callum membusuk. Tak lama sebagian besar giginya tanggal yang menyebabkan kesulitan mencari makan dan mengunyah saat musim dingin.

Mengutip Mirror, Selasa 25 Juni, penyebabnya ada wisatawan memberi makan rusa jantan itu croissant, sejenis kue kering yang berasal dari Prancis.

Awalnya wisatawan itu penasaran dengan sosok Callum yang hidup di habitat liar namun sering tampak di dekat rest area kendaraan Beinn Eighe.

Callum memang terkenal di Instagram warga Skotlandia. Dia memiliki daya tarik sehingga banyak yang ingin berinteraksi dan memberi makan langsung di rest area kawasan pegunungan North 500 tersebut.

Namun bukannya memberi jenis makanan selayaknya untuk rusa, hewan ini diberi roti croissant.

Berita kematian rusa yang disebut "legenda lokal" ini sontak cepat sampai ke kuping warganet dan masyarakat Skotlandia. Mereka banyak yang menyampaikan kehilangan dan mengimbau agar wisatawan memperhatikan tindakan dalam berinteraksi dengan satwa liar.