Bagikan:

YOGYAKARTA – Budaya masyarakat selalu dinamis. Dengan latar belakang tersebut, makanan ikonik suatu negara bisa dipadukan dengan makanan khas negara lain. Seperti halnya croissant, yang aslinya adalah kipferl dari Austria lalu kemudian menjadi makanan ikonik dari Prancis. Roti yang berlapis-lapis terbuat dari tepung dan ragi ini, memiliki sejarah panjang dalam persebarannya. Belum lagi pembuat roti dari berbagai negara berinovasi menciptakan hidangan fussion dalam mengolah hidangan. Variasi croissant selalu terkini, termasuk cromboloni, tacro, hingga croffin, dan lainnya yang variatif berikut ini.

1. Sereal croissant

Dalam masa keterbatasan selama pandemi, inovasi mengolah hidangan memuncak. Pada masa-masa sulit yang mana masyarakat di seluruh dunia diminta di rumah saja, makanan di rumah pun bisa menipis atau sebaliknya, dikreasikan menjadi hidangan yang seolah baru. Salah satunya croissant berukuran mini yang dihidangkan menjadi seperti sereal, disiram susu. Ini pertama kali dibuat oleh L’Appartement 4F pada bulan Mei 2022, pembuat roti membuat toko menjual sereal croissant.

variasi croissant selain cromboloni
Ilustrasi variasi croissant selain cromboloni (Freepik/Racool_studio)

2. Le cube

Bentuk croissant seperti bulan sabit dikreasikan menjadi cube atau kotak oleh toko bakery di New York. Melansir Frenchly, Rabu, 24 Januari, supreme croissant buatan café ini viral di TikTok. Bentuknya yang kubus berisi selai buah berry hingga kelapa.

3. Croffin

Perpaduan antara croissant dan muffin, menjadi croffin. Roti berlapis croissant diisi selai kacang dan jelly ini dijadikan menu utama oleh Supermoon Bakehouse di New York. Rasanya mungkin membuat Anda penasaran. Mungkin jika membuat Anda terinspirasi untuk mengolahnya sendiri di rumah.

4. Bagel croissant

Beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan makanan yang memiliki spirit fussion. Termasuk perpaduan antara bagel dan croissant. Artinya, bagel adalah croissant yang diisi krim keju sederhana dari susu kambing.

variasi croissant selain cromboloni
Ilustrasi variasi croissant selain cromboloni (Freepik/wayhomestudio)

5. Tacro

Anda tentu mengenal bahwa taco adalah makanan Meksiko yang dipadukan dengan makanan Prancis, croissant. Hasilnya tercipta tacro, yang merupakan roti diisi daging, lobak, keju, dan bahan taco lainnya.

6. Cretzel

Perpaduan croissant-pretzel bisa dibilang tertua daripada variasi sebelumnya. Asal-usulnya dibuat sejak tahun 1996 oleh City Bakery. Selanjutnya, banyak tukang roti membuat variasi makanan manis ini.

7. Cronut

Bisa dipastikan Anda pasti mengenal perpaduan ini, croissant dan donut. Banyak sekali variasi rasa dari cronut, termasuk mangga susu cokelat hingga labu kuning.

8. Cromboloni

Paling populer akhir-akhir ini, yang adalah perpaduan antara croissant dan bomboloni. Perpaduan ini memiliki banyak sekali variasi rasa. Mulai dari diisi cokelat, matcha, hingga vanilla.

9. Cronigiri

Setelah cromboloni, muncullah cronigiri, perpaduan antara croissant dan onigiri. Kudapan ini populer di Korea Selatan dengan rasa asin. Dua elemen makanan yang menyatu ini, memiliki rasa garing, buttery, berbentuk segitiga seperti onigiri, dan diisi nori. Isiannya juga seperti onigiri, seperti daging, salmon, tuna, dan keju. Isian ditambahkan dengan mayonnaise atau saus mentai.

Itulah sembilan variasi croissant yang berpadu dengan beragam kudapan dari berbagai negara. Dari sekian variasi di atas, mana yang sudah Anda cicipi dan paling sukai?