Bagikan:

SKOUW PAPUA - Ribuan masyarakat pesisir dan perbatasan Indonesia bersatu padu dalam Deklarasi Anti Narkoba, menandakan komitmen kuat untuk memerangi peredaran gelap narkoba di wilayah maritim dan darat. Acara yang dihelat di Pasar PLBN Skouw RI-PNG ini, menjadi bagian dari rangkaian Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024.

Sekitar 4.400 orang dari berbagai elemen masyarakat, termasuk kelompok masyarakat, organisasi masyarakat, pelajar, mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, dan pemangku kepentingan terkait, turut hadir dalam deklarasi ini. Momentum ini menjadi bukti nyata tekad bersama untuk mewujudkan Indonesia Bebas Narkoba.

Kepala BNN RI, Komjen Pol. Marthinus Hukom SIK, MSi, dalam sambutannya menegaskan, "Masyarakat pesisir dan perbatasan negara Indonesia, dengan semangat persatuan dan kesatuan, menyatakan komitmennya melawan segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Kami mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)."

Deklarasi ini menjadi strategi penting BNN sebagai leading institution P4GN untuk memperkuat ketahanan masyarakat di wilayah pesisir dan perbatasan. Wilayah ini, dengan kondisi geografis Indonesia yang memiliki perbatasan darat yang panjang dan perbatasan laut yang luas dan terbuka, menjadi sasaran empuk bagi jaringan sindikat narkoba.

"Deklarasi ini menegaskan pentingnya sinergi dan kolaborasi seluruh elemen masyarakat dalam melawan kejahatan narkotika," ujar Komjen Pol. Marthinus Hukom.

Sebagai bentuk komitmen bersama, para peserta deklarasi menandatangani pernyataan sikap menolak penyalahgunaan narkoba. Acara ini pun diwarnai dengan pemberian Piagam Penghargaan dan ucapan terima kasih oleh Kepala BNNP Papua kepada pihak-pihak yang berkontribusi dalam mendukung Deklarasi Anti Narkoba Masyarakat Pesisir dan Perbatasan di Skouw RI-PNG, yaitu PLBN Skouw, Satgas Pamtas RI-PNG, dan POS Angkatan Laut Skouw.

Deklarasi Anti Narkoba ini menjadi gema semangat untuk mewujudkan Indonesia Bersinar, di mana masyarakat pesisir dan perbatasan menjadi garda terdepan dalam memerangi narkoba. Mari bersama kita jaga Indonesia dari bahaya narkoba. (ADV)