Bagikan:

JAKARTA - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap kedua di Jawa Barat (Jabar) mengundang gelak tawa sekaligus keresahan. Para pendaftar menemui data ayah mereka berubah nama menjadi 'Sutarso' atau 'Enza'.

Kedua nama itu didapati orang tua atau wali murid yang membuka situs https://ppdb.jabarprov.go.id/ untuk mengakses akun pendaftaran PPDB gelombang kedua anaknya.

Dalam tabel data diri seharusnya nama dan NIK orang tua terisi seperti saat mendaftarkan diri pada PPDB gelombang pertama. Namun ternyata, nama ayah para pendaftar banyak yang berubah jadi dua nama tersebut.

Keanehan ini juga diperihatkan akun TikTok @rsshyy_. Dalam bentuk video berdurasi 16 detik, akun itu mengunggah rekaman ketika sedang melakukan pendaftaran PPDB gelombang kedua hari ini.

Nyaris semua data diri orang tua dalam tabel pendaftaran tepat, namun pada kolom nama ayah tidak sesuai menjadi 'Enza Sudrajat'.

Tangkapan layar akun TikTok

Selain 'Enza', tabel nama ayah para pendaftar PPDB gelombang kedua di Jabar juga banyak yang berubah menjadi 'Sutarso'. Sejumlah netizen mengungkapkan dalam unggahan akun TikTok @rsshyy_ ini.

"Sejabar anaknya Sutarso," komen akun TikTok @ns.

"Ngakak mana satu angkatan sama semua," tulis akun @lnlavin.

"Gue di komputer Sutarso, pas pindah ke HP jadi Enza," balas @ndyyyy___.

Selain gelak tawa, sejumlah akun mengaku sempat resah mendapati permasalahan yang kembali terjadi dalam pendaftaran PPDB ini. Bahkan ada yang resah tidak bisa segera mengubah tabel nama ayah sebagaimanamestinya. 

"Kaget gua tadi, bapak gua udh almarhum ko tiba-tiba NIK nya keisi," ujar @reinaaputrii_a.

"Oh ternyata bukann guaa doangg, gua kira gua doang, gua udah panik banget!!," komen @sna25210.

"Cape bgt pliss ngerubah datanya ga cukup sekali," tulis akun @blithetickle.