Bagikan:

JAKARTA - Kampanye Donald Trump dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) 2024 disuntik dana sebesar Rp50 juta dolar AS atau sekitar Rp823 miliar.

Mengutip BBC, laporan federal menyebutkan suntikan dana untuk kampanye Trump itu berasal dari miliarder konservatif Timothy Mellon yang merupakan pewaris keluarga perbankan Mellon berbasis di Pittsburgh

Dana Super-Pac yang disebut "MAGA Inc" tersebut telah dilaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Federal oleh pihak Trump.

Trump juga menerima suntikan dana 68 juta dolar AS atau sekitar Rp1,1 triliun pada bulan lalu, demi kembali merebut kembali kursi Presiden AS.

Media AS melaporkan, Mellon mengirimkan dana sumbangan untuk kampanye sehari setelah Trump divonis bersalah atas 34 tuduhan memalsukan catatan bisnis dalam persidangan perkara uang tutup mulut di New York.

Mellon juga merupakan donor terbesar bagi calon presiden independen Robert F Kennedy Jr. Ia tercatat memberikan setidaknya 20 juta dolar AS kepada Kelompok Super-Pac American Values ​​yang pro-Kennedy.

Super-Pacs diketahui "komite aksi politik" independen yang mengumpulkan dana dalam jumlah tak terbatas untuk mendukung kandidat dalam Pilpres AS 2024.