Bagikan:

JAKARTA - Dalam siklus pemilihan 2024 di Amerika Serikat, Fairshake, sebuah komite aksi politik (PAC) yang dipimpin oleh Coinbase, telah mengumpulkan dana lebih banyak daripada Super PAC lainnya, termasuk Make America Great Again Inc. (MAGA) yang didukung oleh calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump. Berdasarkan data dari peneliti donasi politik OpenSecrets, Fairshake telah mengumpulkan lebih dari 202 juta Dolar AS (sekitar Rp3,29 triliun), sementara MAGA berada di posisi kedua dengan 201 juta Dolar AS (sekitar Rp3,27 triliun).

Dilansir dari Cointelegraph, Fairshake, yang misinya adalah memberikan inovator blockchain kemampuan untuk mengembangkan jaringan mereka di bawah kerangka regulasi dan hukum yang lebih jelas, didukung oleh berbagai perusahaan besar di industri kripto. Coinbase menjadi donor terbesar dengan sumbangan lebih dari 46 juta Dolar AS (sekitar Rp750 miliar), termasuk 1 juta Dolar AS (sekitar Rp16,3 miliar) dari karyawan individu. Ripple menyusul dengan donasi 45 juta Dolar AS (sekitar Rp734 miliar), sementara para individu yang terkait dengan firma ventura Andreessen Horowitz, termasuk pendiri Marc Andreessen dan Ben Horowitz, menyumbang sekitar 44 juta Dolar AS (sekitar Rp717 miliar).

Hingga saat ini, pengeluaran politik Fairshake telah melebihi 14 juta Dolar AS (sekitar Rp228 miliar), dengan 10 juta Dolar AS (sekitar Rp163 miliar) di antaranya digunakan untuk sukses menggagalkan kampanye Senatorial Katie Porter di California. Selain itu, lebih dari 2 juta Dolar AS (sekitar Rp32 miliar) telah dihabiskan untuk melawan kampanye Jamaal Bowman yang sedang berlangsung di New York.

Coinbase juga memimpin grup advokasi Stand With Crypto, yang mendukung kandidat tertentu dan menganjurkan kebijakan yang pro-industri kripto. Grup ini telah mendukung kandidat di 22 kampanye federal House dan Senate. Meskipun mendukung kandidat dari kedua belah pihak, Stand With Crypto menunjukkan preferensi moderat terhadap Partai Republik. Grup ini menilai RUU Financial Innovation and Technology for the 21st Century Act sebagai “sangat pro kripto” dan juga sangat mendukung calon wakil presiden Trump, J.D. Vance.

Para pendukung industri kripto meraih kemenangan besar pada 27 Juli, ketika Trump, dalam pidatonya di konferensi Bitcoin 2024 di Nashville, menyatakan niatnya untuk menciptakan “cadangan Bitcoin” dan memecat ketua Securities and Exchange Commission (SEC), Gary Gensler. Gensler dikenal karena sikap kerasnya terhadap dugaan pelanggaran oleh perusahaan kripto.