Bagikan:

JAKARTA - Fairshake, sebuah komite aksi politik (PAC) yang didukung oleh perusahaan kripto ternama Ripple dan Coinbase, telah mengalokasikan lebih dari 2 juta Dolar AS (sekitar Rp32,7 miliar) untuk melawan calon petahana dalam pemilihan pendahuluan Demokrat untuk Distrik Kongres ke-16 New York. Data terbaru dari Komisi Pemilihan Federal Amerika Serikat menunjukkan bahwa Fairshake telah menginvestasikan sejumlah besar dana dalam kampanye media untuk menghalangi pemilihan kembali Anggota DPR Demokrat Jamaal Bowman.

Dilansir dari CryptoNews, iklan serangan yang didanai oleh Fairshake tidak secara eksplisit menyebutkan aset kripto atau teknologi blockchain, tetapi menuduh Rep. Bowman mempromosikan “teori konspirasi berbahaya” sepanjang kariernya. Figur Demokrat ternama seperti Senator Bernie Sanders, Senator Elizabeth Warren, dan Alexandria Ocasio-Cortez telah menyuarakan dukungan mereka untuk pemilihan kembali Bowman sebagai tanggapan atas iklan serangan sebelumnya yang didanai oleh Super PAC lainnya.

Catatan kongres menunjukkan bahwa Rep. Bowman telah memberikan suara menentang beberapa undang-undang yang relevan dengan industri kripto, termasuk Financial Innovation and Technology for the 21st Century (FIT21) Act, CBDC Anti-Surveillance State Act, dan resolusi bersama yang bertujuan untuk membatalkan aturan Komisi Sekuritas dan Bursa terkait penanganan kripto oleh bank.

BACA JUGA:


Di sisi lain, penantang Bowman, George Latimer, mantan Senator Negara Bagian New York, telah membuat sedikit pernyataan publik mengenai aset digital. Moe Vela, mantan Direktur Administrasi untuk Wakil Presiden saat itu, Biden, mengakui efektivitas iklan serangan semacam itu dalam menggalang pemilih. Namun, ia mendorong PAC untuk memprioritaskan masalah legislatif daripada menargetkan kandidat individu.

Keterlibatan Fairshake dalam pemilihan telah meninggalkan jejak yang signifikan. Pada bulan Maret, Perwakilan California Katie Porter kalah dalam pemilihan pendahuluan untuk Senat setelah menjadi target iklan Super PAC yang menuduhnya menerima kontribusi kampanye dari eksekutif “big pharma, big oil, dan big bank.” Rep. Porter kemudian mengklaim bahwa industri kripto berusaha untuk membungkam diskusi tentang aset digital melalui kampanye media ini.

Menjelang hari pemilihan yang tinggal kurang dari lima bulan lagi, industri kripto terus terlibat dalam politik. Coinbase, yang merupakan pendukung awal Fairshake, baru-baru ini menyumbangkan tambahan 25 juta Dolar AS (sekitar Rp409 miliar) ke Super PAC, sehingga total dana yang terkumpul menjadi sekitar 160 juta Dolar As (sekitar Rp2,6 triliun).