Bagikan:

JAKARTA -  Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menegaskan partainya masih berhitung siapa nama calon gubernur yang bakal diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Eriko tak menampik, nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam delapan daftar cagub yang direkomendasikan. 

"Jakarta ini memang unik yah, saya kan sebutkan 6 nama, ada 2 nama belum disebutkan. Ya memang betul, itu satu Pak Anies," ujar Eriko, Senin, 10 Juni. 

Eriko mengakui, capres nomor urut 01 itu memang menjadi perbincangan yang seksi belakangan ini. Apalagi, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR, Puan Maharani juga menyebut Anies menarik. 

"Kemarin itu Pak Anies hampir mengimbangi pasangan 02 yah di (pemilihan, red) presiden di Jakarta. Betul tidak? Kalau saya tidak salah, tertinggal tidak terlalu jauh. Nah ini mungkin perhitungannya bahwa kalau misalnya Pak Anies kan mantan pasangan 01 yah dengan kita 03, tentu suaranya lebih tinggi daripada 02," jelas Eriko. 

Namun, lanjut Eriko, partainya masih berhitung seberapa besar peluang Anies untuk menangkan Pilgub Jakarta. Terlebih, jika harus dipasangkan dengan calon dari PDIP.  

"Tapi apakah hitungan matematik itu bisa berjalan seperti itu juga di Jakarta? Kan belum tentu. Coba kalau kita pikir yah misalnya Pak Anies didukung oleh pendukung-pendukungnya. Apakah kalau bersama nanti dengan calonnya PDIP misalnya dengan yang lagi hebohnya nih dengan Charles Honoris misalnya, yah kan? Muncul kan? Nah sekarang saya tanya, apakah yang mendukung Pak Anies pasti tetap mendukung Pak Anies? Apakah yang mendukung PDIP pasti tetap mendukung PDIP? Nah ini kan belum tentu," bebernya. 

"Dalam politik benar, yang tidak mungkin hanya menghidupkan orang mati, apa saja masih memungkinkan. Tetapi ini kan harus dihitung betul. Nah, inilah yang sedang kami hitung betul," kata Eriko.