Bagikan:

JAKARTA - Terjadi insiden kebakaran pada KM Umsini di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar pagi ini. PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) menduga, kebakaran dipicu dari percikan api dari ruang mesin kapal.

"Sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 WITA yang diduga berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto dalam keterangannya, Minggu, 9 Juni

Kebakaran terjadi saat kapal masih bersandar dan hendak berangkat. Api sudah berhasil dipadamkan sejak pukul 09.03 WITA. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

"ABK kapal dengan cepat berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat pemadam CO2 yang tersedia di atas kapal, dan saat yang bersamaan menurunkan penumpang ke dermaga. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait," ungkap dia.

Rencana awal, kapal akan memberangkatkan 1.677 penumpang dengan tujuan Makassar, Surabaya, Kijang, dan Jakarta. Kini, sebagian penumpang akan diangkut menggunakan kapal Pelni lainnya yang akan melalui Makassar.

"Untuk penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan diangkut menggunakan KM Labobar pada Selasa (11 Juni), sementara penumpang lanjutan ke Jakarta akan dibawa KM Dorolonda di hari yang sama, seluruhnya berangkat dari Makassar," jelas Evan.

Adapun dampak dan kepastian penyebab kebakaran akan segera dilakukan pemeriksaan setelah proses pendinginan selesai.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang atas kejadian ini. Kami juga menghimbau kepada seluruh calon pelanggan untuk dapat menyesuaikan perjalanannya," imbuhnya.