Bagikan:

MAKASSAR – KM Umsini terbakar saat sedang berlabuh di pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan. Semua penumpang pun berhamburan ke luar.

Salah satu penumpang kapal bernama Martinus Mamun Sare mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Minggu, 9 Juni, sekitar pukul 05.00 WIB atau 04.00 WITA. 

“Kurang lebih sepuluh menit mau berangkat. Tangga sudah dinaikkan. Tiba-tiba dengar ledakan dan kemudian menyusul lampu mati,” ujar Mamung kepada VOI saat dihubungi, Minggu, 9 Juni.

Kejadian itu membuat penumpang panik dan langsung berhamburan ke luar. Mamung bersama anak dan istrinya saat ini sudah berada di ruang tunggu sedang menunggu petugas menurunkan barang-barang mereka.

“Kami panik jadi tidak sempat mengambil barang-barang. Semua barang masih di kapal. Nunggu petugas menurunkan barang,” kata dia.

Kejadian tersebut membuat petugas mengerahkan kurang lebih 20 mobil pemadam kebakaran. Saat ini apa sudah dipadamkan oleh petugas.

Mamung menjelaskan, pihak PT Pelayaran Nasional (PT Pelni) sudah memberitahu mereka jika ada kapal lain dengan tujuan sama maka penumpang tinggal menunjukkan tiket dan melanjutkan perjalanan.

“Barang kalau sudah diturunkan, bisa langsung melaporkan diri ke Pelni,” ujar penumpang yang naik di pelabuhan Larantuka, Flores Timur, dengan tujuan Jakarta tersebut.