Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem berencana mengusung putra sulung Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie dengan memberikan surat rekomendasi untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa menyebut pihaknya telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol) di tingkat provinsi.

Dalam komunikasi tersebut, NasDem membuka peluang pembentukan koalisi dengan menyodorkan nama Ilham untuk diusung di Pilkada 2024 Jawa Barat.

"kita membangun komunikasi intensif dengan partai-partai, yang akan membangun koalisi strategis di Jawa Barat. Kita berkomunikasi dengan PKS, PKB, Gerindra, dan yang lain-lain, Demokrat, semua," ucap Saan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Juni.

Namun, kepastian koalisi akan ditentukan lewat pertemuan lanjutan tingkat dewan pimpinan pusat (DPP). Mengingat, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi strategis dalam pelaksanaan pilkada.

"Jadi linier nantinya. Kalau ini terjadi linier, kan akan lebih mudah lagi kita terwujudnya koalisi strategis di Jawa Barat," ungkap Wakil Ketua Komisi II DPR tersebut.

 

Sebelumnya, saat pemberian rekomendasi untuk maju Pilgub Jawa Barat, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku belum memutuskan apakah Ilham akan diusung menjadi calon gubernur atau calon wakil gubernur.

Hal ini akan ditentukan setelah NasDem menjalin koalisi pengusungan dengan parpol lain di provinsi tersebut.

"Nah kita lihat situasi lapangan. Tapi probabilitynya saya pikir tergantung apa yang terbaik, seobjektif mungkin dalam penilaian melihat medan lapangan," tutur Surya.

Dalam kesempatan itu, Surya menjelaskan bahwa rekomendasi kepada Ilham untuk maju pilkada bukan hanya didasarkan pada kedekatan hubungan NasDem dengan B.J. Habibie. Namun, Surya melihat Ilham memiliki kompetensi menjadi pemimpin daerah.

"Kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya, bahwasanya kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang anda miliki ini cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat. Mudah-mudahan perjuangan dan langkah awal ini akan diikuti dengan hasil yang membesarkan hati kita semua," urai Surya.