Yuk Liburan! Taman Margasatwa Ragunan Dibuka Hingga Besok, Pengunjung Dilarang Keras Berkerumun
Taman Margasatwa Ragunan (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA – Setelah sempat menghentikan kegiatan operasionalnya, Taman Margasatwa Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan kembali dibuka untuk umum oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini Sabtu, 13 Maret.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana mengatakan pembukaan kembali layanan operasional sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 213 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM.

"Hari ini kami mencatat ada sekitar 1.300 pengunjung yang datang ke Taman Margasatwa Ragunan dengan menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi roda empat, sepeda dan transportasi umum,” ujarnya dalam keterangan, Sabtu, 13 Maret.

Ketut menambahkan, pihaknya memberlakukan protokol kesehatan yang cukup ketat kepada seluruh pengunjung dan juga petugas yang datang ke tempat rekreasi milik Pemprov DKI Jakarta tersebut.

“Contohnya bila berkerumun lebih dari 5 orang tidak boleh dan akan kami cegah. Duduk di kursi boleh, tetapi tetap jaga jarak, kita sudah atur dengan pasang tanda pembatasnya, tanda silang di kursi supaya jaga jarak,” tuturnya.

Dia pun memastikan Taman Margasatwa Ragunan beroperasi sesuai jadwal seperti sebelum masa pandemi, yakni Selasa-Minggu setiap pekannya.

“Kecuali Senin kami tutup karena memberi kesempatan kepada hewan untuk istirahat. Selebihnya buka,” imbuhnya.

Guna mencegah terjadinya klaster baru pandemi, Ketut menyebut pihaknya juga membatasi jumlah pengunjung yang akan datang.

“Kami membatasi sekitar 50 persen dari kapasitas maksimum, yaitu 5.000 orang saja dengan jumlah personil yang bertugas sebanyak 30 orang dan tenaga pengamanan 10 orang,” tegasnya.

Meski sempat ditutup cukup lama, dia memastikan bahwa kondisi hewan tetap dalam keadaan yang terjaga dengan baik.

“Ada sekitar 2.200 ekor satwa di sini dan semuanya dalam kondisi yang baik dan tidak kekurangan makanan. Ini semua berkat sokongan APBD DKI Jakarta yang menjadi tumpuan keuangan Taman Margasatwa Ragunan,” jelasnya.

Walau sudah kembali berkegiatan, pihak pengelola memberlakukan beberapa ketentuan pada era normal baru ini, diantaranya nak-anak usia 0-9 tahun, ibu hamil, dan lansia di atas 60 tahun dilarang berkunjung.

Lalu, masyarakat diharuskan membeli tiket secara online H-1 sebelum kunjungan melalui akun Instagram @Ragunanzoo.