PSBB Transisi, Ragunan Kembali Dibuka Tapi Pengunjung Dibatasi
Ragunan (Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Masa PSBB transisi di Jakarta kembali berlaku hari ini. Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan akan beroperasi kembali mulai besok, Selasa 13 Oktober 2020.

Kepala Humas Taman Margawastwa Ragunan, I Ketut Wayan menyebut pihaknya membatasi kapasitas pengunjung hanya sebatas 2.000 orang. Hal ini sesuai dengan aturan PSBB transisi jilid II.

"Tempat rekreasi saat PSBB transisi dibatasi 25 persen. Jika dikonversikan, kapasitas normal pengunjung di Ragunan sebanyak 8.000 orang, saat ini dibatasi 2.000 orang," ucap Ketut saat dihubungi VOI, Senin, 12 Oktober.

Ketut menyebut, ketentuan yang diterapkan bagi pengunjung Ragunan secara umum sama dengan yang sebelumnya dioperasikan saat masa PSBB transisi pertama pada Juni lalu.

Pengunjung diminta mendaftar secara online sebelum tiba ke Ragunan lewat tautan bit.ly/PesantiketTMR. Namun, pengelola Taman Margasatwa Ragunan menyediakan layanan pendaftaran di lokasi.

"Kami sudah menyediakan antisipasinya untuk masyarakat yang datang secara dadakan karena belum mengetahui pendaftaran dilakukan secara online, dengan mengisi formulir secara langsung di tempat. Tapi, kami mengutamakan pendartaran yang dilakukan secara online," jelas Ketut.

 

Kemudian, anak di bawah 10 tahun, ibu hamil, dan warga lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun masih dilarang masuk ke kawasan Ragunan. Selain itu, suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius juga dilarang masuk meski telah mendaftar.

Kemudian, ada perubahan jam operasional saat pembukaan Ragunan di masa PSBB transisi jilid dua. "Saat ini kita ada perubahan jam operasional, dari jam 7.30 sampai 14.00 WIB. Beda dengan masa PSBB transisi awal yang beroperasi dari pukul 8.00 sampai 12.00 WIB," ungkapnya.