Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) dengan tegas tidak akan mendukung Anies Baswedan jika maju di Pilgub Jakarta 2024 karena dianggap sudah tak layak. PAN sendiri menjagokan kadernya, Zita Anjani. 

"Kelihatannya enggak," tegas Waketum PAN Yandri Susanto kepada wartawan, Kamis, 30 Mei. 

Yandri pun meyakini, Anies Baswedan juga tidak akan bersedia dicalonkan lagi sebagai cagub. Sebab, dia sudah pernah berkontestasi untuk level nasional sebagai capres pada Pilpres 2024 lalu.

"Saya yakin juga Anies nggak mau lagi jadi gubernur. Dia jadi capres kemarin kan. Mungkin Anies juga nggak enak dari capres jadi calon gubernur," katanya. 

Karena itu, menurut Yandri, Anies sudah tak layak mencalonkan diri sebagai gubernur. Terlebih, sejauh ini tidak ada komunikas antara PAN dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu. 

 

"Kalau dengan Anies, kelihatannya kita nggak ada komunikasi sama sekali sampai sekarang, nggak ada. Dan menurut saya mungkin Anies sudah nggak layak jadi gubernur kali, udah di capres kan ya kan," kata Ketua MPR itu.

Di samping itu, kata Yandri, PAN juga sudah punya niatan berkoalisi dengan Gerindra di Pilkada Jakarta 2024. Di mana Gerindra mengusulkan Budisatrio Djiwandono sebagai cagub, sedangkan PAN ingin Zita Anjani menjadi cawagub. 

"Ya kalau PAN kan tadi kita tergabung dengan Gerindra sangat baik, hubungannya sama, kita juga punya kader internal," jelas Yandri. 

"Bukan tutup pintu (untuk Anies), pokoknya enggaklah, kita punya calon dan punya koalisi yang lain gitu lho," pungkasnya.