Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang akan maju dalam pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2024, mendapatkan dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga menyatakan secara pribadi mendukung Bobby Nasution untuk maju dalam Pilgub Sumut 2024. Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Sandiaga usai membuka acara Gebyar Melayu Serumpun 2024 yang ke-7 di pelataran Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, pada Rabu 29 Mei malam.

"Banyak senyumnya Pak Wali mungkin seiring dengan meningkatnya elektabilitas survei terakhir. Secara pribadi, saya tentu sangat mendukung Pak Wali untuk masa depan yang lebih baik," kata Sandiaga.

Sandiaga juga menambahkan meskipun secara pribadi mendukung Bobby Nasution, dukungan resmi dari partai akan mengikuti mekanisme yang sedang dibahas. Sandiaga, yang pada Pilpres 2024 lalu menjabat ketua badan pemenangan pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menyatakan pembahasan tersebut sedang berlangsung di partainya.

"Untuk partai, saya rasa nanti akan ada mekanismenya, dan pembicaraan sudah dimulai. Mudah-mudahan semuanya bisa menghasilkan pemimpin yang lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara itu, elektabilitas Bobby Nasution dikabarkan melejit dibandingkan sejumlah bakal calon gubernur lainnya seperti Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Nikson Nababan yang merupakan bupati Tapanuli Utara. Menanggapi hal ini, Bobby Nasution memohon doa dan dukungan agar bisa membangun Sumatera Utara lebih baik lagi.

"Mohon doa dan dukungannya," jawab Bobby.

Lembaga Survei Vote Institute merilis hasil survei terkait elektabilitas calon Gubernur Sumut pada Pilgub Sumut 2024 mendatang. Dari survei yang melibatkan 1.800 responden di 33 Kabupaten/Kota di Sumut, sebanyak 21 tokoh menjadi objek wawancara terkait siapa yang paling diinginkan untuk menjadi Gubernur Sumut selanjutnya. Berdasarkan hasil survei Vote Institute per Mei 2024, elektabilitas Bobby Nasution mencapai 35,2%.