Hari Raya Nyepi 2021, Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Ditutup 24 Jam
BANDARA NGURAH RAI BALI/ANTARA

Bagikan:

DENPASAR -  Pelayanan bandara dan pelabuhan di Bali ditutup pada Hari Raya Nyepi 2021, Minggu, 14 Maret. Penutupan operasional dilakukan selama 24 jam

Operasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, akan tutup selama 24 jam pada pukul 06.00 WITA, Minggu, 14 Mret hingga pukul 06.00 WITA, Senin, 15 Maret.

Kebijakan itu, merujuk notice to airmen (Notam) nomor 0357/21 NOTAMN. Maka, semua penerbangan baik datang dan berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ditiadakan.

"Kebijakan ini dikecualikan untuk penerbangan yang bersifat darurat," kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar I Gusti Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado dalam keterangan tertulis.

Untuk Pelabuhan Gilimanuk, di Kabupaten Jembrana, Bali, akan menutup layanan penyeberangan pada jam dan tanggal yang sama.

General Manager ASDP Ketapang Edi Hermawan menerangkan, Pelabuhan Gilimanuk baru ditutup pukul 06.00 WITA agar memberi kesempatan penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa.

"Kenapa baru ditutup jam 06.00 WITA (mengantisipasi) ada orang yang menuju ke Jawa masih ada di jalanan. Jadi diusahakan jam 05.00 WITA itu sudah ada di pelabuhan," ujarnya. 

Kemudian untuk di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, layanan penyeberangan ke Bali ditutup lebih awal yakni pada pukul 00.00 WITA, Minggu, 14 Maret.

"Karena kita perkirakan mereka jam 02.00 WITA sampai Bali dan masih bisa perjalanan ke rumah masing-masing dalam waktu empat jam," kata Edi Hermawan. 

Selain itu, kebijakan yang sama juga  berlaku di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali.