Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares pada Hari Senin mengatakan, pihaknya akan meminta 26 negara anggota Uni Eropa untuk memberikan dukungan resmi kepada Mahkamah Internasional (ICJ), mengambil langkah-langkah untuk memastikan Israel menghormati keputusan yang diambil.

"Saya akan meminta 26 mitra lainnya untuk menyatakan dukungan kepada Mahkamah Internasional dan keputusannya, dan juga, jika Israel terus berusaha untuk melawan pendapat Mahkamah, kami akan mencoba untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menegakkan keputusan tersebut," katanya kepada wartawan di Brussels, Belgia dalam konferensi pers bersama dengan mitranya dari Irlandia dan Norwegia, melansir Reuters 27 Mei.

Pekan lalu, ICJ memerintahkan Israel untuk menghentikan operasi militernya di Rafah, selain harus memastikan akses tanpa hambatan ke Jalur Gaza untuk misi-misi yang menyelidiki tuduhan genosida, setelah sebelumnya bersidang selama dua hari untuk membahas tindakan sementara tambahan terhadap Israel.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan, keputusan Mahkamah Internasional bersifat "mengikat" dan harus dihormati.

"Tidak ada sandera Israel yang akan dibebaskan jika lebih banyak orang yang sekarang harus berlindung di tenda-tenda," kata Menlu Baerbock, mengacu pada penduduk Gaza yang mengungsi, serta upaya Israel yang sedang berlangsung untuk membebaskan para sandera yang ditahan oleh Hamas, dikutip dari The Times of Israel.

"Hukum humaniter internasional berlaku untuk semua, juga untuk perilaku perang Israel," tambahnya.