Bagikan:

JAKARTA -  Kabosu, anjing dengan segudang meme mati. Anjing jenis Shiba inu itu “tertidur nyenyak” pada usia 18 tahun.

“Di luar jendela, burung-burung berkicau di pagi yang indah. Saat saya menyentuhnya, dia meninggal dalam tidur nyenyak,” tulis pemilik anjing, Atsuko Sato, dilansir dari Reuters, Sabtu, 25 Mei.

“Menurutku dia adalah anjing paling bahagia di dunia," imbuh guru TK di Jepang ini.

Sato dalam postingan Instagram pada tahun 2022 pernah menyebutkan Kabosu menderita leukemia dan penyakit hati. Dia berencana mengadakan “pertemuan perpisahan” dengan hewan kesayangannya ini pada Minggu, 26 Mei.

Kabosu menjadi salah satu hewan yang paling dikenal di dunia maya pada tahun 2010 ketika foto dirinya berpose dengan kaki terlipat dan ekspresi aneh tersebar di forum seperti Reddit.

Hal ini memicu berkembangnya meme “doge”, yang didasarkan pada kesalahan ejaan kata “anjing” yang disengaja, sehingga pengguna internet memotret wajah Kabosu ke kue-kue, bangunan terkenal, dan hewan lainnya.

Popularitas meme “doge” diperkuat pada bulan Desember 2013, ketika Kabosu menjadi wajah mata uang kripto alternatif Dogecoin — respons langsung terhadap Bitcoin yang mencerminkan kecintaan internet terhadap meme binatang. Token meme lainnya menyusul, termasuk koin shiba inu.

Sementara postingan X yang diunggah Dogecoin menyebut Kabosu sebagai “inspirasi” komunitas.

“Dampak yang ditimbulkan oleh anjing ini di seluruh dunia tak terkira,” tulis postingan tersebut.