Bagikan:

JAKARTA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta mengusulkan untuk kembali mengusung Anies Baswedan menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2024 seperti saat Pilkada 2017 lalu.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin mengaku pihaknya telah bertemu dengan Anies untuk mengungkap tawaran pengusungannya. Saat ditemui, Anies, disebut Khoirudin, menyambut hangat tawaran tersebut.

"Sebelum usulan ini, DPW PKS DKI Jakarta telah bincang-bincang informal dengan Pak Anies dan disambut dengan hangat," kata Khoirudin dalam pesan singkat, Jumat, 24 Mei.

Namun, sebelum pengusungan mantan Gubernur DKI Jakarta itu terwujud, DPW PKS DKI masih menunggu persetujuan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS atas usulan tersebut.

"Keputusan DPW PKS DKI mengusulkan ke DPP seperti itu. Menjadi kewenangan DPP untuk menerima atau menolak (usulan mengusung Anies di Pilgub DKI 2024)," jelas Khoirudin.

Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Abdul Aziz menyebut, setelah nama Anies diusulkan oleh pengurus wilayah, DPP akan memanggil Anies untuk wawancara hingga meminta kesediaannya kembali maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

Kemudian, DPP akan memutuskan apakah akan mengusung Anies atau tetap memilik kader internal partai berdasarkan peluang kemenangan yang bisa dicapai. Mengingat, sebelumnya PKS telah menjaring tiga kadernya yang berpotensi diusung di Pilgub DKI.

"Ini kan politik ya, politik kan dinamis. Tergantung keinginan masyarakat. Kemungkinan menangnya kan juga kita lihat. Buat apa kita mencalonkan pasangan yang enggak akan menang. Buat apa kan? Pasti kita akan mengusung pasangan yang punya potensi menang di Jakarta," jelas Aziz.

Di satu sisi, PKS juga mulai menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik lainnya untuk berkoalisi dalam pengusungan cagub-cawagub DKI.

Meskipun PKS menjadi pemenang Pemilu Legislatif DPRD DKI Jakarta 2024, Aziz mengaku jumlah kursi yang diraih partainya di parlemen Kebon Sirih itu tak bisa mengusung sendirian.

"Kami juga harus mempertimbangkan manti kawan koalisi kita mengusung siapa. Pasti ini akan ada tarik-ulur, ya bargain politik, lah. Komunikasi dengan PDIP, Gerindra, NasDem, Golkar sudah. Tapi ini enggak berlangsung sekali. Pertemuan ini harus berulang-ulang untuk penyamaan persepsi dan sebagainya," imbuhnya.

Sebelumnya, DPP PKS mengungkap partainya akan mengusung kader internal dalam Pilgub DKI 2024. Sehingga, peluang Anies untuk kembali diusung PKS seperti Pilkada DKI 2017 lalu semakin kecil.

Ketiga kader yang diproyeksikan diusung PKS yakni Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, dan Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin.