Bagikan:

TANJUNG SELOR - Sekretaris Provinsi (sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara) Suriansyah bersama perwakilan 14 provinsi di Indonesia menghadiri rapat yang diinisiasi KPK.

Rapat yang dihadiri secara daring ini merupakan bagian dari monitoring percepatan penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) di mana Provinsi Kaltara menjadi salah satu provinsi yang menetapkan Peraturan Daerah tentang RTRWP.

"Hari ini kita berterima kasih karena aatensi KPK terhadap penyusunan revisi RTRWP. Ada beberapa daerah yang diundang dan kita juga sudah melaporkan progress dari revisi tata ruang kita," katanya, Rabu, 22 Mei.

Saat ini ada 2 hal yang menjadi perhatian Pemprov Kaltara untuk diselesaikan. Pertama terkait kesepakatan bersama DPRD Provinsi Kaltara. Dan bertepatan dengan pertemuan hari ini, tim revisi juga telah melakukan rapat bersama panitia khusus DPRD.

"Alhamdulillah progresnya sudah berjalan. Mudah-mudahan setelah itu nanti segera diselsaikan untuk kesepakatan bersamanya," ujarnya.

Selanjutnya, yang menjadi perhatian yakni dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang saat ini sedang dalam proses penyempurnaan.

Informasi dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional telah diserahkan hasil pengintegrasiannya.

"Saya sudah konfirmasi langsung dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup). Saat ini sedang ada proses penyempurnaan dari tim ahli dan direncanakan dalam waktu segera akan disampaikan di Kementerian LHK  untuk mendapatkan atensi dan validasi. Mudah-mudahan sesuai dengan tahapannya nanti sebelum atau selesainya DPRD kita yang sekarang ini, itu sudah bisa ditetapkan Perda revisi tata ruang kita," pungkasnya.