Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DKI Jakarta Basri Baco membuka peluang mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung partainya di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Golkar sendiri memproyeksikan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar untuk maju dalam Pilkada DKI tahun ini.

Baco mengaku tak masalah jika Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar memasangkan Zaki dengan Anies. Bahkan, Golkar DKI menerima seandainya Anies menjadi calon gubernur dan Zaki calon wakil gubernurnya.

"Enggak ada masalah, karena Ketua Zaki ini siap jadi gubernur, siap jadi wakil gubernur," ungkap Baco kepada wartawan, Selasa, 21 Mei.

Yang jelas, DPD Golkar DKI mengikuti apapun keputusan DPP Golkar, meski nantinya tak menjadikan Zaki sebagai calon DKI 1 dengan tujuan memenangkan paslonnya.

"Kalau dari DPP-nya setuju, ya boleh-boleh saja, kita sih senang-senang saja selama DPP Golkar menyetujui. Prinsipnya kami juga ingin menang," jelas Baco.

Namun, selama belum ada keputusan resmi soal siapa sosok yang akan diusung Golkar di Pilkada 2024, Baco menyebut pihaknya terus menjalankan strategi untuk meningkatkan elektabilitas Zaki di Jakarta.

"Kita tidak berhenti melakukan konsolidasi pola yang sama yang kita pakai pada pileg kemarin. Seluruh ormas sebentar lagi akan melakukan deklarasi dan kemudian akan membuat kegiatan sosial dalam rangka sosialisasi dukungan di lima kota dan 1 kabupaten di Jakarta," urai Ketua Feaksi Golkar DPRD DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Anies mempertimbangkan untuk kembali maju di Pilkada DKI 2024, Hal ini diungkapkannya saat menghadiri halalbihalal warga yang tergabung dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) di Kampung Marlina, Muara Baru, Jakarta Utara, Minggu, 20 Mei.

Bahkan, Anies mengaku sudah mendapatkan undangan dari sejumlah partai politik untuk diusung sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

"Saya ngomong nih sama Bapak Ibu, memang saya mendapatkan undangan dari partai-partai politik ditawarkan diminta untuk dicalonkan menjadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan apakah kembali atau tidak, jadi sedang mempertimbangkan," ucap Anies.

Anies mengungkapkan, pertimbangan untuk kembali maju di Pilgub DKI semakin kuat setelah mendapat dukungan dari sejumlah warga.

"Yang jelas kalau masyarakat seperti tadi, Jaringan Rakyat Miskin Kota menyampaikan aspirasi ini saya akan amat amat amat serius mempertimbangkannya. Bismillah, kita tunggu waktunya dan saya kepengen pada semua sampaikan," imbuhnya.