Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 7 orang ditemukan meninggal dunia imbas banjir yang melanda Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu, 11 Mei, pukul 21.00 WIB.

“Tujuh jenazah saat ini dalam proses identifikasi di rumah sakit setempat,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu, 12 Mei.

Abdul menjelaskan peristiwa banjir ini terjadi bermula dari hujan dengan intensitas tinggi menerjang wilayah tersebut. Alhasil terjadi banjir yang melanda lima kecamatan di Kabupaten Tanah Datar.

Adapun 5 kecamatan yang terdampai yakni Kecamatan X Koto, Kecamatan Batipuh, Kecamatan Pariangan, Kecamatan Lima Kaum, dan Kecamatan Sungai Tarab.

“Kaji cepat sementara tercatat 25 KK terdampak, 24 unit rumah warga terdampak, dan 12 unit jembatan terdampak,” ujarnya

Ia mengatakan dampak dari banjir ini pun juga meninggalkan endapan lumpur yang cukup tinggi hingga mencapai betis orang dewasa.

Sehingga BPBD setempat selain melakukan upaya pencarian dan pertolongan, mereka juga berusaha melakukan pembersihan ruas jalan Batusangkar - Padang Panjang yang terdampak endapan lumpur. Alat berat dikerahkan guna percepatan pembersihan akses jalan ini.

“(Akan tetapi) hingga Minggu (12/5) siang, fokus penanganan darurat adalah melakukan upaya pencarian dan pertolongan,” tutupnya.