Jasa Marga Berlakukan Diskon 20% Tarif Tol Trans Jawa untuk Arus Balik Lebaran dari Semarang ke Jakarta
Situasi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama, Kamis 11 April (foto: dok. antara )

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan bahwa mereka akan memberlakukan diskon tarif tol sebesar 20% untuk semua golongan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta selama periode arus balik Lebaran. Keputusan ini diambil untuk mengoptimalkan distribusi lalu lintas dan mencegah kepadatan yang berlebihan di jalan tol.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani, menjelaskan bahwa potongan tarif tol tersebut akan berlaku mulai Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. Potongan ini bertujuan untuk mengurangi tekanan lalu lintas pada periode arus balik, terutama dari H+2 hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri.

“Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini, untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang sampai dengan Jakarta,” ujar Faiza.

Diskon tarif tol sebesar 20% hanya berlaku untuk perjalanan menerus, di mana pengguna jalan harus melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan tap out di GT Cikampek Utama. Faiza menekankan bahwa potongan tarif hanya berlaku untuk transaksi yang menggunakan uang elektronik (e-Toll).

Faiza juga menyarankan pengguna jalan untuk memastikan saldo e-Toll minimal Rp500.000 sebelum memulai perjalanan, untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama dan menghindari antrean di gerbang tol.

“Potongan tarif 20 persen akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan,” ujar Faiza.

Potongan tarif 20% akan diberlakukan untuk semua golongan kendaraan yang melintas di ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, termasuk Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang, dan Semarang Seksi ABC. Faiza juga menegaskan bahwa potongan tarif akan dihitung saat pengguna jalan melakukan tap out di gerbang tol keluar, baik di GT Kalikangkung atau GT Cikampek Utama.

Faiza mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta menghindari perjalanan di waktu puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Senin, 15 April 2024. Informasi terkini mengenai kondisi lalu lintas dapat diperoleh melalui aplikasi Travoy dan One Call Center Jasa Marga di nomor 14080.

“Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Senin, 15 April 2024 untuk menghindari penumpukan kendaraan,” ujar Faiza.

Dengan pemberlakuan diskon tarif tol ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan balik dari Semarang ke Jakarta dengan lebih nyaman dan aman.