Jokowi Sebut Mudik 2024 Lebih Baik: Tak Ada Antrean Panjang dan Desak-desakan
Ilustrasi kendaraan di tol (ANTARA FOTO Rivan Awal Lingga)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pelaksanaan mudik Hari Raya Idulfitri 2024 jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Ia tak melihat antrean pemudik yang terlalu panjang di terminal, stasiun maupun bandara.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada hari ini, Senin, 8 April. Ia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Kalau dibandingkan dengan tahun-tahun lalu saya kira tahun ini jauh lebih bagus," kata Jokowi di lokasi.

"Saya enggak melihat ada antrean yang terlalu panjang yang ada di airport, di stasiun, atau di terminal yang begitu ramai dan berdesak-desakan. Saya lihat enggak ada," sambungnya.

Jokowi juga mengaku tidak melihat antrean panjang saat meninjau Stasiun Pasar Senen. "Sampai di atas kereta saya lihat rapi, baik, tidak ada yang berdesak-desakan," ungkap eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Namun, dia sempat menyinggung arus mudik melalui Pelabuhan Merak terutama bagi pemotor. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah diminta melakukan perbaikan sehingga tidak terjadi kepadatan menuju ke Pelabuhan Bakauheni.

 

"Saya melihat secara umum sedikit yang perlu penanganan lebih fokus, di Merak. Merak utamanya yang berkaitan dengan yang naik sepeda motor. Tadi (sudah, red) minta penjelasan Pak Menhub, semuanya sudah dicarikan solusi," pungkasnya.